5 Ibu Termuda yang Melahirkan

Bayangkan bagaimana jadinya, jika menjadi seorang ibu di usia balita (lima tahun)? Tapi hal ini memang benar-benar terjadi di dunia nyata. Kejadian ini sebagian besar terjadi dari tindak asusila (pemerkosaan) yang dilakukan kerabat terdekat korban. Berikut ulasan 5 ibu termuda di dunia yang sempat melahirkan seorang bayi.

1.       Lina Medina, Peru (5 tahun, 7 bulan dan 21 hari)
Lina Medina (lahir 27 September 1933) adalah ibu termuda yang pernah hidup dalam sejarah kedokteran, melahirkan dalam usia 5 tahun, 7 bulan dan 21 hari. Lina lahir dan besar di Peru dengan sehat, namun Lina dibawa ke rumah sakit oleh orang tuanya saat berumur 5 tahun dikarenakan tubuhnya yang terus membesar. Orang tuanya mengira Lina terkena tumor, namun
dokternya mengatakan ia sedang hamil tujuh bulan. Dr. Gerardo Lozada akhirnya membawanya ke Lima, Peru, untuk pembedahan dan akhirnya dinyatakan bahwa Lina sedang hamil. Satu setengah bulan kemudian, tanggal 14 Mei, 1939, ia melahirkan seorang anak laki-laki melalui bedah caesar dikarenakan tulang kelangkangnya yang masih kecil. Bedah ini dilakukan oleh Dr. Lozada dan Dr. Busalleu, bersama dengan Dr. Colretta yang menyiapkan anestesi. Berita ini dilaporkan secara detil oleh Dr. Edmundo Escomel untuk La Presse Medicale, bersama dengan informasi tambahan bahwa Lina telah mengalami menstruasi saat berusia 8 bulan (atau 2 1/2 tahun menurut sumber lain), dan payudaranya telah berkembang sejak berumur 4 tahun. Dan dalam usia 5 tahun kelangkangannya telah melebar dan bertumbuhnya tulang.

Lina Medina (sumber gambar : adpres.ro)

Anak laki-lakinya memiliki berat 2.7 kg saat lahir dan diberi nama Gerardo seperti nama dokternya. Gerardo mengira bahwa Lina adalah kakaknya, namun dalam usia 10 tahun ia baru mengetahui Lina adalah ibunya. Ia bertumbuh sehat namun di tahun 1979 ia meninggal dalam usia 40 tahun karena penyakit sumsum tulang. Tidak ada bukti bagaimana Lina bisa hamil, namun ia tetap tidak memberitahu siapa ayah dari Gerardo. Ayah Lina sempat ditahan dengan tuduhan pemerkosaan, namun akhirnya dilepaskan setelah tidak ditemukannya bukti. Medina akhirnya menikah dengan Raúl Jurado, yang merupakan ayah dari anak kedua mereka yang lahir di tahun 1972. Mereka tinggal di perumahan kumuh di Chicago Chico (“Little Chicago”)

Lina Medina (sumber gambar : adpres.ro)

2.       Liza, Ukraina (6 tahun)
Pada tahun 1934 gadis kecil berusia 6-tahun bernama Liza melahirkan secara alami di Ukraina. Liza diketahui dihamili oleh sang kakek yang seorang pelaut. Sayangnya bayi Liza meninggal pada saat proses kelahiran berlangsung. Hal ini dikarenakan dokter Soviet tidak ingin mengambil tindakan medis melalui operasi caesar yang dianggap berbahaya pada waktu itu. Setelah kejadian itu, keluarganya pindah ke Vladivostok, sementara kakek Liza tinggal bersama keluarganya. Kisah ini didokumentasikan dengan baik dan dikonfirmasi pada beberapa video yang dibuat oleh dokter.

Ilustrasi (Sumber gambar: sutterlakeside.org)

3.       Mum-Zi, Nigeria (8 tahun, 4 bulan)
Mum-Zi adalah anggota dari Ketua Akkiri harem di pulau Calabar, Nigeria. Memiliki seorang putri berusia 8 tahun, 4 bulan  yang juga melahirkan sangat awal, membuat Mum-Zi menjadi seorang nenek pada usia 17 tahun. Ayah dari bayi ini tidak diketahui dengan jelas.

Ilustrasi (Sumber gambar: easyart.com)

4.       Mrs. X??, Peru (8 tahun, 11 bulan)
Pada 2006 lalu, seorang gadis dari Huanuco, Peru, melahirkan bayi dengan berat 2 kg melalui operasi caesar di sebuah rumah sakit di Lima pada Desember 2006. Gadis yang berusia 8 tahun, 11 bulan ini merayakan ulang tahun kesembilannya yang terjadi beberapa hari kemudian. Kehamilannya diduga terjadi setelah diperkosa oleh kedua sepupunya.

Ilustrasi (Sumber gambar: blogspot.com)

5.       Wanmisa Janmuk, Thailand (9 tahun)
Wanwisa Janmuk berusia 9 tahun, melahirkan seorang bayi perempuan pada bulan Februari 2001 di sebuah rumah sakit di Phetchabun, sebuah provinsi utara Thailand. Sementara suami Janmuk sendiri berusia 27 tahun. Hukum Thailand memungkinkan pernikahan anak di bawah umur, pernikahan ini sendiri diatur oleh kedua orang tua mereka. (**)

Wanwisa Janmuk (Sumber: blogspot.com)


0 komentar:

Poskan Komentar